Pernahkah Yesus Mengatakan: “Akulah yang mewahyukan Alkitab, Aku pula yang menjaganya”

Posted: 18 November 2011 in Kumpulan tanya-jawab

Yesus sendiri Firman Tuhan, dan yang mewahyukan Firman Tuhan itu Roh Kudus. jadi salah besar kalo mau bilang Yesus yang mengilhamkan Firman Tuhan.

Konsep pengilhaman Alkitab lagipula berbeda dengan kitab-kitab suci lain seperti Al-Quran. Apalagi karena memang rentang waktu penulisannya hampir 2000 tahun.  Alkitab diwahyukan bukan didikte kata demi kata oleh Tuhan. Maka dari itu, banyak pemakaian kata kira-kira (menunjukkan bahwa penulis diberi ilham berbentuk pengelihatan untuk menulis). Juga sebagian adalah hasil research/pendataan seperti kitab Tawarikh dan Injil Lukas. Dan sebagian lagi adalah hasil mereka menulis sendiri. Tetapi tetap, semua yang dimaksudkan Tuhan untuk disatukan menjadi Alkitab, semua dibimbing oleh Roh Kudus yang ditaruh oleh Tuhan dalam hati mereka (Yesaya 63:11), dalam hasil pendataan mereka, dan tulisan-tulisan mereka (I Petrus 1:20-21).

Dan juga karena banyaknya penulis, diksi, struktur pola kalimat, gaya bahasa, tentu berbeda-beda. Contohnya Paulus yang seorang intelek dengan gaya menulis diatribenya (seolah-olah berdebat dengan diri sendiri, contoh Roma 3:1-8), Petrus yang mantan pelayan dengan diksi yang tidak rumit dan cenderung kasar.

Mari kita berpikir. Tuhan Yesus dalam Kitab-Kitab Injil banyak sekali mengajar menggunakan perumpamaan-perumpamaan sederhana, untuk menjelaskan hal-hal kerajaan Allah. Tidak mungkin manusia dapat membuat sendiri, kecuali mereka diberi ilham oleh satu-satunya yang paling mengerti, dan ini sekaligus membuktikan bahwa Yesus adalah Tuhan karena Ia paling mengerti hal-hal kerajaan Allah.

Dan lagipula, seluruh isi Alkitabpun masih belum bisa memberikan seluruh kebenarannya jika hanya dibaca, tetapi hanya melalui Roh Kudus, maka kebenaran lebih dapat terbuka. Baca Yohanes 8:43, 16:13.

Melalui keterbatasan manusia Tuhan menyatakan kemuliaannya (II Korintus 12:9). Maka dari itu, menurut II Timotius 3:16, seluruh isi Alkitab yang diwahyukan Tuhan, semua itu dapat kita gunakan untuk mengajar dan mendidik, dan tentunya harus dalam tuntunan.

OK Alkitab asli Firman Tuhan, tetapi apakah terjaga sepanjang masa? Mengapa banyak sekali pertentangan tekstual terutama pada Perjanjian Lama? Well, tidak semua kitab diberi cap “copyright” oleh Tuhan seperti kitab Taurat (Matius 5:18-19) dan kitab Wahyu (Wahyu 22:18-19, hm ayatnya koq sama ya). Jaman dulu belom ada scanner dan printer, jadi yah bisa saja banyak kesalahan terjadi dalam penulisan ulang. Tetapi bukti-bukti lain dapat ditemukan bahwa kesalahan-kesalahan tersebut adalah murni keterbatasan manusia, kami jujur mengakuinya, dan tidak ada masalah dengan hal itu.

OK itu mungkin salah tulis salah eja dlsb. Bagaimana dengan isinya yang diubah? Baca Mazmur 31:19 (kebanyakan Inggris ayat 18, karena ayat 1 gak masuk ayat2), Amsal 10:31, Lukas 1:20, Lukas 11:14, Wahyu 16:13; mereka adalah orang-orang yang dipakai setan untuk menyesatkan umat percaya dan Allah akan menaruh “katak” dalam kerongkongan mereka, membuat mereka kehilangan kekuatan untuk berbicara! Banyak sekali pengedit-pengedit Alkitab yang mati bisu: Brooke Wescott pembuat naskah Yunani Perjanjian Baru Wescott-Hort yang populer, Samuel Tregelles pembuat naskah Yunani lainnya, Kenneth Taylor perumus Living Bible, Philip Schaff perumus NASB, J.B. Philips, Dr. Don Wilkins penerjemah NASV (gak sampe mati sih yang satu ini). Cukup serem?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s